Hamil Ektopik: Ini Faktor Penyebab yang Perlu Anda Tahu

 Image result for Hamil Ektopik

Hamil diluar kandungan jelas tak diinginkan oleh setia perempuan. Sebab rawan dan berhaya bagi ibu hami. Untuk itulah penting mengenali apa penyebab ektopik ini. Ya, hamil di luar kandungan itu dalam istilah medis dikenal sebagai kehamilan ektopik.

Penyebabnya bisa karena terjadinya endometriosis yaitu terjadinya endometrium pada luar rahim.  Terjadi menstruasi tapi darah sulit untuk keluar sebab berada di luar rahim. Akibatnya darah pun akan menyebabkan terjadinya jaringan parut dan itu berpotensi membuat sempit saluran tuba falopi.

Di samping itu, hamil diluar kandungan bisa njuga dipicu karena hamil di atas usia 35 tahun. Secara medis, usia tersebut memang rawan karena alat reproduksi tidak senormal sebelumnya sehingga berpotensi menyebabkan kehamilan ektopik.

Lalu penyebab ektopik bisa juga dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya wanita yang suka merokok juga rawan mengalami hamil ektopik. Sebab merokok dapat mengganggu gerakan sel rambut silia yang terdapat di saluran tuba. Akibatnya ini bisa memicu terjadinya hamil ektopik.

Untuk itu, bagi wanita yang masih merokok, sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk ini.

Lalu penyebab ektopik lainnya bisa juga karena terjadinya Chlamydia trachomatis. Infeksi tersebut membuat terjadinya radang panggul yang bisa berpotensi menyebabkan hamil diluar kandungan.

Ada banyak penyebab memang yang bisa membuat terjadinya kehamilan ektopik. Karena itu memang penting untuk selalu menjaga kesehatan .

Jika memnag dirasa ada yang tidak beres dengan kondisi kesehatan, kita tak bisa menyepelekannya begitu saja. Sebaiknya segeralah untuk memeriksan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Misalnya saja merasa ada sakit pada bagian perut bawah, mungkin itu bisa menjadi indikasi awal terjadinya ektopik.

Begitupun ketikan menstruasi mengalami pendarahan, kita jangan ragu untuk periksakan diri ke medis.

Lebih cepat lebih baik, agar tidak sampai kondisi makin parah. Sebab dokter akan melakukan penanganan sesuai tingkat serius tidaknya kondisi pasien. Selama kehamilan ektopik ini bisa diatasi dengan minum obat, maka dokter pun tak akan melakukan operasi. Kecuali memang tidak ada jalan lain, maka operasi laparoskopi yang akan ditembuh dokter untuk mengatasi kehamilan ektopik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *