Pengertian Bronkiektasis, Kelainan Paru yang Tak Banyak Didengar

Pengertian Bronkiektasis adalah kondisi medis dengan ditandai oleh tidak maksimalnya kerja organ paru-paru karena terlalu banyaknya memproduksi lendir. Lendir tersebut diproduksi secara berlebih dan kemudian menjadikan organ paru Anda menjadi rentan untuk infeksi.

Penyakit tersebut pertama kali ditemukan oleh Laennec sekitar tahun 1819 dan selanjutnya dijelaskan secara lebih detail oleh Sir William Osler sekitar akhir tahun 1800an. Beberapa hal yang dikemukakan oleh Reid tahun 1950, bahwa penyakit tersebut memiliki banyak kondisi klinis misalnya saluran pernapasan yang mengalami radang atau aliran udara yang tersumbat.

IMG_256

healthline.com

Disamping itu, tingkat keparahannya juga berbeda-beda dan gejala dampaknya juga dapat hilang dan timbul atau menetap. Agar dapat mendiagnosa penyakit tersebut, dokter pada umumnya akan meneliti kondisi batuk kronis, dan produksi lendir, juga hasil radiografi dari Anda.

Epidemiologi

  • Pada saat ini belum terdapat data yang sistematis dan tersedia perihal kejadian ataupun prevalensi bronkiektasis.
  • Selain itu, angka kejadian bronkiektasis sebanyak 110.000 kasus di berbagai belahan dunia.
  • Angka tersebut diketahui semakin meningkat seiring bertambahnya usia.
  • Tidak memiliki perbedaan dengan angka kejadian pada ras dan juga sosioekonomi.

Penyebab

Pengertian Bronkiektasis merupakan penyakit yang muncul karena rusaknya atau melebarnya saluran pernapasan pada bagian paru-paru. Meskipun pada beberapa kasus penyebabnya belum diketahui secara pasti, cukup banyak ahli dan juga dokter yang mengemukakan bahwa penyakit tersebut dipicu infeksi dan keadaan medis lainnya.

Seperti yang telah dijelaskan mengenai pengertian bronkiektasis, tubuh akan secara otomatis memberikan perlawanan apabila terdapat orgasme asing yang masuk. Hal tersebut juga yang akan terjadi pada paru-paru yang terpapar kuman pada tubuh dan selanjutnya akan mengaktifkan imun tubuh untuk membunuh kuman tersebut. Sebagai bentuk perlawanan yang terjadi yaitu paru-paru memproduksi lendir.

Akan tetapi, apabila infeksi pada saluran pernapasan tersebut masih terus terjadi, lajur udara menjadi penuh oleh lendir. Maka dari itu, seiring berjalannya waktu, keadaan tersebut akan menyebabkan pelebaran pada saluran pernapasan, dan juga kerusakan paru-paru, serta memicu infeksi lainnya.

Secara garis besar, beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab utama terjadinya penyakit tersebut adalah :

  • Infeksi pada anak-anak umumnya dikaitkan dengan pneumonia, tuberculosis dan juga campak.
  • Menurunnya sistem imun tubuh.
  • Masuknya benda asing ke paru-paru.
  • Struktur lapisan paru-paru yang mengalami kelainan.
  • Kondisi medis khusus, misalnya sindrom Sjorgen, penyakit chron serta kolitis ulserativ.

Diagnosis

Agar dapat mendiagnosa kondisi Anda sebagai pasien, dokter biasanya melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu untuk memastikan apakah Anda benar-benar mengalami bronkiektasis atau terdiagnosa dengan penyakit lain. Dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh agar dapat menyingkirkan kemungkinan penyakit lain. Apabila Anda sudah dalam keadaan yang cukup parah, segera akan dianjurkan untuk melakukan atau menjalani perawatan di rumah sakit.

Penanganan

Pengertian Bronkiektasis menjadi suatu hal yang cukup penting dipahami, karena dapat menyebabkan kerusakan permanen pada paru-paru. Maka dari itu, butuh perawatan yang benar dan tepat agar dapat mencegah kondisi tidak semakin buruk. Pengobatan tersebut dapat dilakukan dengan terapi cairan, baik fisik maupun konsumsi obat-obat dengan rincian sebagai berikut:

  • Antibiotik yang ditujukan agar dapat meredakan infeksi paru yang berulang.
  • Obat pengencer lendir untuk melegakan saluran pernapasan yang penuh dengan lendir.
  • Terapi cairan oleh dokter mengarahkan Anda untuk dapat memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh. Agar mencegah lendir pada paru tidak bertambah lengket dan tebal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *